About Us

PROGRAM TRAINING EXPRESS GROUP

A.   Program Training Karyawan

 

Pengembangan karyawan merupakan bagian yang sangat penting untuk pengembangan perusahaan agar terciptanya efektivitas kerja guna mencapai visi perusahaan. Memiliki karyawan yang kompeten berdasarkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang memadai untuk dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dengan lebih baik.

 

a. JENIS TRAINING

Berdasarkan sasarannya, training yang diberikan kepada karyawan dapat dibedakan menajdi tiga jenis, yaitu :

 

i. INDUCTION TRAINING

Adalah jenis pelatihan yang pertama kali diberikan kepada karyawan yang baru bergabung  di lingkungan Express. Melalui pelatihan ini karyawan dibekali informasi mengenai Visi Misi dan Nilai-nilai perusahaan, Struktur Organisasi serta peraturan perusahaan. Diharapkan setelah mendapat pelatihan ini karyawan lebih mudah beradaptasi di lingkungan express, mampu meresapi dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Perusahaan dan menaati Peraturan Perusahaan yang berlaku.

 

TND

(Ket Foto : karyawan baru mengikuti Induction Training)

 

ii. TECHNICAL TRAINING

Adalah jenis pelatihan yang diberikan kepada karyawan yang bertujuan untuk menambah keterampilan dan keahlian sesuai dengan jenis pekerjaan seperti Training Mekanik, Training Komunikasi, Training Pelayanan Prima, Training Kepemimpinan, dan lain lain.

 

 

(Ket Foto : Proses diskusi dan pemecahan masalah di dalam training kepemimpinan untuk para pemimpin Pool)

 

 

iii. NON TECHNICAL TRAINING

Adalah jenis pelatihan yang diberikan kepada karyawan yang bertujuan untuk membentuk perilaku, seperti Training Mentalitas Pelayanan Prima, Teambonding, dan lain lain.

 

tnd

(Ket Foto : kegiatan outbound yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan kerjasama tim )

 

b. TEKHNIS PELAKSANAAN

Berdasarkan tekhnik pelaksanaannya, training yang diberikan kepada karyawan dapat dibedakan dalam 2(dua) katagori, yaitu :

 

i. On The Job Training

Adalah suatu upaya untuk melatih karyawan di tempat kerja sesungguhnya. Yang termasuk on the job training adalah karyawan magang dan rotasi pekerjaan.

 

ii. Off The Job Training

Adalah upaya untuk menambah pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan karyawan pada waktu yang terpisah dengan waktu kerja regular. Yang termasuk off the job training adalah Workshop dan Seminar. Pelaksanaan off the job training dapat berupa program-program training internal(in-house) maupun program-program training external.

 

tnd 

(Ket Foto : suasana salah satu workshop yang secara rutin diberikan kepada karyawan)

 

 

B.  Program Training & Development Mitra EXPRESS GROUP

Demi memberikan pelayanan yg prima dari mitra pengemudi kepada seluruh pelanggan, Express membekali beberapa training yg wajib diikuti oleh pengemudi, antara lain :

1.     INDUCTION PROGRAMME

Training ini wajib diberikan pertama kali ketika pengemudi mulai bergabung dengan Express, dalam training ini pengemudi di bekali dengan Informasi akan Perusahaan, Standard Penampilan, Standard Pelayanan, Sikap dan Etika ketika melayani pelanggan, serta prosedur operasional di masing-masing pool.

 

 tnd

(Ket Foto : Trainer sedang memberikan Training Induction Programme)

 

TND 

(Ket Foto : Suasana Training Induction Programme)

 

2.     TRAINING MENTALITAS PELAYANAN PRIMA

Training ini diberikan kepada pengemudi yang sudah aktif bergabung dengan express, training ini merupakan kelanjutan dari Training Dasar (Induction Programme), Training ini dilakukan secara continue kepada semua mitra pengemudi demi peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, antara lain; Bagaimana cara melayani dengan baik sesuai Standard perusahaan, Bagaimana cara menghadapi pelanggan yang marah-marah, Bagaimana mengatasi stress dijalan, dll.

 

TND

(Ket Foto : Mitra Pengemudi antusias mengikuti Training Mentalitas Pelayanan Prima)

 

 

TND

(Ket Foto : Suasana Training Mentalitas Pelayanan Prima)

 

 

 TND

(Ket Foto : Mitra Pengemudi sedang mengikuti Training Mentalitas Pelayanan Prima)

 

3.     TRAINING SAFETY DRIVING

Training Safety Driving diberikan kepada seluruh mitra pengemudi agar mengerti tentang tata cara berlalu lintas yg benar, mengerti akan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pemahaman akan cara merawat dan mengemudikan kendaraan dengan benar serta mengajarkan kepada pengemudi cara mengemudi dengan efisien, aman dan nyaman.

Training Eco Driving diberikan oleh AUTO 2000 kepada perwakilan mitra pengemudi tentang tips-tips cara perawatan kendaraan yang benar sesuai anjuran yang diberikan oleh pihak ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk), serta kiat-kiat bagaimana cara berkendara agar hemat BBM.

 

TND 

(Ket Foto : Suasana Training Eco Driving di pool Jagakarsa)

 

 

TND

(Ket Foto : Fasilitator sedang memberikan tips cara perawatan kendaraan yang benar)  

 

4.     TRAINING “PRODUCT KNOWLEDGE”

Training ini diberikan kepada seluruh mitra pengemudi agar mengetahui akan informasi dan cara penggunaan beberapa fitur-fitur tambahan yang ada di dalam taksi mereka, antara lain; Penggunaan Perangkat ITMS (Integrated Taxi Meter Service) meliputi Argo, DDS (Digital Dispatch System), Serta metode pembayaran taksi dengan menggunakan micro payment (Express Card dan BCA Flazz).

TND

(Ket Foto : Trainer sedang menjelaskan tentang Express Card dan penggunaannya)

 

TND

(Ket Foto : Mitra Pengemudi bertanya seputar penggunaan alat pembayaran dalam taksi)

 

 TND

(Ket Foto : Suasana Sosialisasi DDS)

 

5.     BRIEFING

Briefing dilakukan oleh team Training & Development dibantu divisi operasional pool guna mengingatkan kembali seluruh mitra pengemudi di masing-masing pool agar selalu memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh pelanggan, mengingatkan mereka untuk selalu berpenampilan rapi dan bersih agar pelanggan puas akan pelayanan yang diberikan. Briefing Pagi dilakukan kepada mitra pengemudi yg akan beroperasi mulai pagi hari, Briefing Sore dilakukan kepada pengemudi yg akan beroperasi mulai sore hari (kalong). Selain Briefing di pool, kami pun melakukan briefing di pangkalan-pangkalan taksi express guna memantau langsung pelayanan yang diberikan oleh mitra pengemudi kepada pelanggan, serta mendengarkan keluhan dan kendala dari para mitra pengemudi yang mereka temui ketikak memberikan pelayanan kepada pelanggan.

 

 TND

(Ket Foto : Sebelum beroperasi, Mitra Pengemudi diberikan pengarahan agar tidak lupa selalu melakukan pelayanan prima kepada pelanggan)

 

TND

(Ket Foto : Morning Briefing di pool)

 

TND

(Ket Foto : Mitra pengemudi sedang bertanya kepada team Training pada saat Briefing di pangkalan)

 

TND

(Ket Foto : Team Training sedang melakukan briefing di pangkalan Blok M Plaza)

 

TND

(Ket Foto : Team Training sedang melakukan briefing kepada mitra pengemudi dan petugas dispatcher di pangkalan Plaza Senayan)


 

6.      Basic English Conversation

Guna meningkatkan kualitas akan pelayanan khususnya unit-unit taksi Bandara, penting sekali akan komunikasi dalam bahasa inggris, khususnya dalam melayani pelanggan asing (ekspatriat), untuk itu mitra pengemudi diikutkan dalam training Basic English Conversation, dimana mitra pengemudi diajarkan bagaimana berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan simpel dan mudah.

 

TND

(Ket Foto : Mitra Pengemudi sedang mengikuti Training Basic English Conversation)

 

TND

(Ket Foto : Mitra pengemudi diajarkan cara pengejaan yang benar dalam bahasa inggris)

 

TND

(Ket Foto : Mitra Pengemudi satu persatu diajak untuk bisa melakukan percakapan dalam bahasa inggris)

 

 TND

(Ket Foto : Suasana Training Basic English Conversation)

 

7.     Sosialisasi HIV-AIDS

Bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan, Express ikut peduli akan kesehatan terutama terkait jumlah penderita HIV-AIDS yang terus meningkat, sehingga perlu kami sosialisasikan tentang bahaya dan cara pencegahan dari berbagai penyakit menular khususnya HIV-AIDS. Sosialisasi ini kami lakukan kepada seluruh mitra pengemudi dan karyawan agar mereka peduli dengan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya terutama perilaku-perilaku yang beresiko menularkan penyakit ini.

 

TND 

(Ket Foto : Sosialisasi atau Training HIV-AIDS di pool jagakarsa)

 

TND

(Ket Foto : Foto bersama usai mengikuti Training HIV-AIDS)



C. Sekolah Mengemudi

Seiring bertumbuhnya perusahaan serta penambahan unit armada taksi kami, serta kepedulian kami dengan besarnya angka pengangguran di Indonesia, maka kami membuka peluang untuk siapapun bermitra dengan kami. Sekolah Mengemudi ditujukan kepada mereka yang berminat menjadi mitra pengemudi kami tetapi belum bisa mengendarai mobil, kepada calon mitra pengemudi tersebut akan kami ikutkan dalam sekolah mengemudi yang ada diperusahaan kami. Mereka diajarkan bagaimana cara mengemudi dengan benar dan aman, setelah mereka lulus dari pendidikan ini, mereka siap untuk bermitra dengan Express dan siap melayani pelanggan. Sekolah Mengemudi di Express GRATIS tanpa biaya apapun.

 TND

(Ket Foto : Foto bersama Instruktur dan peserta sekolah mengemudi sebelum mulai pelatihan)

 

 TND

(Ket Foto : Sebelum Praktek mengendarai mobil, peserta sekolah mengemudi mengikuti kelas teori terlebih dahulu)

 

 TND

(Ket Foto : Salah satu materi praktek belajar mengemudi)

 

 

 TND

(Ket Foto : Instruktur sedang mendampingi dan memberikan arahan kepada peserta sekolah mengemudi)

 

TND 

(Ket Foto : Team Training dan peserta sekolah mengemudi foto bersama setelah menyelesaikan program pelatihan)